Tips & Manfaat

Cara Sederhana Membuat Anak Menyukai Tugas




https://ramolicious.blogspot.co.id/2018/03/solusi-diet-dengan-kurma.htmlMeluangkan  waktu  demi anak-anak adalah tugas yang kadang luput dari orang tua kepada anak. Komunikasi dan waktu bersama mereka sangat penting untuk proses tumbuh kembangnya.

Pendekatan yang bagus  bisa dengan memberi tugas yang menyenangkan supaya  anak mengalami tugas itu sebagai sebuah keinginan yaitu 'ingin melakukannya' bukan keharusan 'harus melakukannya' tugas.

Cobalah lima cara sederhana berikut ini agar anak Anda merasa senang dengan tugasnya.

1. Jadikan Hidup seperti Game yang Menyenangkan
Berikan instruksi seperti permainan yang menyenangkan dengan hasil yang mengundang. Cobalah membuat permainan untuk tugas rumah tangga sederhana seperti membuat tempat tidur, menjaga meja tetap rapi, dan membersihkannya, dan seterusnya.

2. Suara Anda
Suara dan nada Anda sangat berpengaruh bagi mental seorang anak. Saat memberi instruksi, gunakanlah suara yang lembut dan penuh sayang serta asertif. Karena suara dengan nada tinggi akan menyebabkan anak tersebut enggan dan takut. Buatlah sebuah pertanyaan berulang kali dengan penuh teka-teki sekiranya anak penasaran dan menjawabnya berupa sebuah pertanyaan juga. Hal itu akan mendorong anak aktif dalam bertanya.  

3. Konsekuensi dan Batas
Penting untuk mengajarkan konsekuensi kepada anak Anda; Misalnya, saat meminta anak Anda mengerjakan PR mereka, buatlah persyaratan yang bersifat janji berupa batasan dan konsekuensinya. Ide Anda adalah membuat anak melakukan tugasnya lalu karena tugas itu Anda memberikan sanjungan serta penghargaan sesuai apa yang mereka sukai.

4. Berikan hadiah
Semua orang menyukai penghargaan. Ini bisa sesederhana saat Anda selesai menata piring, hadiahnya bisa Anda manfaatkan. Hal ini disebabkan karena seseorang suka dengan pahala yang bersifat positif. Seperti ketika Anda menerapkan kepada anak dengan memberi hadiah setelah kerja kerasnya. Hal itu akan memicu semangat anak dalam mengerjakan sesuatu

5. Ucapan Terima Kasih
Anak-anak suka mencari pujian dan pengakuan diri untuk belajar membuat mereka merasa berada di jalur yang benar dalam hal positif karena semangat dukungan Anda. Sempatkanlah memberi ucapan terima kasih berupa kata-kata yang baik, pelukan kasih sayang, waktu yang berkualitas, dan kadang berilah sebuah hadiah.


Itulah lima cara sederhana agar anak senang dan menyukai tugasnya. semoga bermanfaat.
Author: Unknown Title: Cara Sederhana Membuat Anak Menyukai Tugas Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Cara Sederhana Membuat Anak Menyukai Tugas

0 comments:

Post a Comment