Tips & Manfaat

5 Tips Belajar Cepat secara Efektif dan Efisien agar Mudah Paham

Hallooo gaisss!!! Sudahkah sarapan hari ini? Oh tentu harus sudah ya! Karena e karena logika tanpa logistik itu nggak bakalan jalan lho, percaya kan! Yang belon sarapan, sono gih sarapan dulu sebelum kalian membaca artikel selevel dewa ini hahaha. Stop, ketawanya jelekkk!
Oke saatnya fokus, baik gaisss adik-adikku, mas mbak dan kalian semuanya thanks sudah nyempetin untuk membaca, yang pasti tentunya akan menggugah slera belajar kalian, hmm kok bisa? Karena kali ini kakak akan berbagi tips belajar cepat secara efektif dan efisien. Sudah pada belajar belon nihhh? Atau mau belajar tapi kedahuluan kantuk? hehehe. Yang ngantuk silakan bisa pake cengkal korek dulu tuh biar matanya kagak merem. Yuk saatnya kita kemon pahami tips-tipsnya!
 5 Tips Belajar Cepat secara Efektif dan Efisien agar Mudah Paham

1. Wajib Berdo'a

Setiap agama sudah mengajarka ketika akan belajar, apapun pelajarannya agar terlebih dahulu memulainya dengan berdo'a. Berdo'a menurut keyakinan masing-masing. Berdo'a tidak hanya menuntut agar dapat cepat memahami pelajaran, tapi juga agar bisa ikhlas untuk menerimanya. Karena dengan berdo'a akan menyadarkan seseorang bahwa yang ia pahami itu sebenarnya baru sedikit, dan sisanya adalah ketidaktahuan. Maka tidak salah jika didalam do'a sering diselipkan agar dipahamkan dalam hal pelajaran/ilmu. Hayooo sudah pada ikhlas menerima ilmu belooon, jangan-jangan cuma nuntut untuk cepat paham? Berdo'a dulu gih! 

2. Fokus Tujuan Belajar

Tanyakanlah pada dirimu, mengapa kamu harus belajar, untuk apa belajar dan bagaimana cara kamu belajar. Hal ini penting, kenapa? Karena jarak terdekat antar dua titik adalah garis lurus. Apaan tuh? hehehe. Artinya jika kamu berdiri di titik A (Aku) dan ingin menuju ke titik B yaitu (Belajar & Tujuannya) maka akan lebih menghemat waktu hidupmu. Karena sudah jelas tujuan belajarnya. So, fokus tujuan belajarmu, agar lebih cepat sukses!

3. Buatlah Jadwal Khusus Kencan Dengan Buku

Akhir-akhir ini dizaman yang serba global memang memperihatinkan, pasalnya manusia di era millinium ini banyak sekali yang malas belajar apalagi baca buku. Coba bandingkan, berapa banyak waktu kencanmu bersama pacar sama waktu kencanmu bersama buku? Boro-boro kencan bersama buku, pegang aja kagaaaak! Duh parah kan, kalo begitu caranya bagaimana kamu bisa cepet sukses dan meraih mimpimu gaisss? Ini nih, ingat bagi yang belum tercemar virus zaman akhir, teruskanlah belajarmu dan buatlah jadwal khusus disetiap kamu ingin belajar. Misal kamu suka matematik, ya fokus matematik, jika ipa ya ipa dst. Tapi tidak menafikan untuk tetep belajar yang lain lho ya. Awas jangan sampai kena virus ZA (Zaman Akhir)!

4. Tulis Hal Yang Sudah Dan Belum Dipahami

Selain membaca nih gaisss, kamu tuh harus rajin-rajin menulis. Nggak peduli tulisan jelek, yang penitng masih bisa dibaca toh? Yang lebih penting lagi adalah isi/maksud dari tulisan itu. Lhaaa nulis apa coba? Ini nih kakak kasih tahu ples tempe hehehe. Tulislah dua hal dalam berbagai pelajaran yang sudah di terangin sama guru kamu hari ini dst. Dua hal ini sangat penting untuk membangun kepribadian dalam fokus belajar, yaitu hal-hal yang sudah dipahami dan hal-hal yang belum dipahami. Apalagi, yasudah tulislah sekarang! Karena dengan begitu kamu lebih bisa menguasai materi!

5. Baca Lagi, Lagi-Lagi Baca

Membaca, membaca adalah jendela dunia, dimana seseorang akan melihat luasnya, keindahannya, bentuknya, baunya, dan merasakan kehadirannya. Cielaaah sok puitis luh tong!!! hehehe. membaca adalah kata-kata yang sudah sangat langka untuk manusia pasca modern. Padahal jika kita mau baca satu halaman dari suatu buku meskipun tidak penuh sampai bawah saja, kakak yakin pasti ada satu/dua kata yang nyangkut di otak. Sedikit sekali bukan? Tapi belajar tidak hanya dari buku ya gaisss, dua hal yang kalian harus pahami adalah pertama, tulisan baik berupa buku dll, dan kedua, tanda-tanda alam semesta. Nah kalian bisa belajar dengan membaca dari kedua hal itu tuh, jika kalian bisa menguasainya, kalian pasti bisa menggenggam dunia seisinya! Asalkan baca lagi baca lagi!

Oke segitu dulu tipsnya ya gaisss semoga bermanfaat, kakak mau nulis impian lagi soalnya, hehehe. Sekali lagi thanks sudah mampir ngopi, Ngolah Pikiran. Yang pasti semoga kalian selalu rajin belajar dan fokus impian. Terus semangat dan good luck!
Author: Ali Mahfudz Title: 5 Tips Belajar Cepat secara Efektif dan Efisien agar Mudah Paham Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : 5 Tips Belajar Cepat secara Efektif dan Efisien agar Mudah Paham

0 comments:

Post a Comment